Mencegah Kebakaran Pada VW Kodok

Mencegah kebakaran pada vw kodok – Salah satu bahaya yang ditakuti oleh penggemar vw kodok adalah seringnya terjadi kebakaran terutama pada mesin dikarenakan keteledoran kita yang malas untuk merawat beberapa komponen yang sebenarnya murah meriah tetapi kita sering menyepelekannya.

tips mencegah mesin vw kodok terbakar

Hal ini yang kemudian ditakuti oleh pemula yang mencoba ingin mencintai vw kodok sehingga banyak dari mereka yang kemudian takut untuk merawat vw kodok. Nah disini kami akan sedikit berbagi tips yang mungkin berguna untuk anda sebagai pemula yang ingin merawat vw kodok sehingga vw kodok anda akan selalu aman dan nyaman untuk dikendarai kemanapun anda pergi.

Secara default atau bawaan pabrik vw kodok termasuk mobil klasik yang simpel untuk perawatannya, begitu juga dulunya sekitar tahun 1950 an pada awal vw kodok diproduksi yang tentunya waktu itu mereka belum berfikir yang lebih modern karena jaman itu memang berbeda-beda sampai hari ini. Akan tetapi secara default dari pabriknya vw kodok merupakan mobil klasik canggih yang tidak akan dilekang waktu hingga sekarang ini, karena masih banyak yang memburu meskipun sudah tua usianya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan bila anda ingin membeli vw kodok atau yang baru saja membeli vw kodok dan belum sempat membaca artikel ini adalah pada bagian mesin, silahkan saja dibuka penutup mesin pada bagian belakang dan perhatikan dengan seksama mengenai susunan kabel dan kelistrikan pada vw kodok anda.

Pertama-tama yang harus kita lihat adalah selang-selang bensin apakah sudah keras atau ada klem-klem yang kendur, segera ganti dengan selang bensin baru bila selang bensinnya sudah keras atau ada yang retak-retak (jangan tunggu sampai pecah karena akan berakibat keluarnya bensin dari selang) sangat bahaya karena barangkali ada percikan api dari busi atau kabel busi yang bocor akan menyebabkan mobil kodok kesayangan anda terbakar.
Harga selang murah kok, sekitar 10 ribu sampai 15 ribu per meter dan kebutuhan anda kurang dari 5 meter (untuk penggantian selang selanjutnya bisa dilakukan tiap 2 tahun sekali). Jangan lupa jalur selang dibuat yang simpel dan nggak terlalu ribet demi mencegah kesemrawutan di ruang mesin.

tips mencegah kebakaran pada vw kodok
Penataan yang rapi dan teratur di kabin mesin vw kodok

Langkah kedua matikan saja pompa bensin aslinya yang masih menggunakan membran karena sering bermasalah karena umur yang sudah tua, masalahnya yaitu terkadang mesin sulit distart terutama pada pagi karena suplai bensin ke karburator yang telat dikarenakan membran bermasalah, tutup saja lobang bekas membran dengan pelat dan dilem yang kuat.
Gantilah pompa bensin membran dengan elektrik yaitu rotak, anda bisa gunakan rotak mitsubishi T120 SS atau rotak punya Daihatsu Zebra. Buatkan dudukan tempat rotak pada bagian yang agak jauh dari delco atau distributor, silahkan atur sendiri sesuai kreasi anda agar ruangan mesin terlihat lebih tertata dan menarik.

Langkah ketiga selalu cek posisi karburator apakah ada baut yang kendur dan segera kencangkan untuk mencegah bahan bakar atau bensin mrembes atau muncrat keluar melalui lubang pertemuan karburator dan manifold, ganti dengan packing yang baru bila perlu dan kencangkan baut karburatornya.
Biasanya bila karburator kendur tenaga juga akan melemah atau tarikannya kurang greng begitu karena suplai bahan bakar tidak semuanya masuk ke ruang bakar akibat posisi karburator yang kendur itu.

Langkah ketiga cek kelistrikan atau seting ulang kabel-kabelnya kalau perlu tiap sambungan kabel-kabelnya disolder atau dibuatkan soket yang presisi untuk mencegah kabel yang panas karena sambungan tidak kencang dan akan mengakibatkan arus pendek atau konsleting. Gunakan atau gantilah dengan kabel yang berkualitas bagus untuk mengurangi hambatan yang terlalu besar yang berakibat kabel akan panas.

Langkah keempat selalu kontrol fan belt dan pastikan tidak kendur karena bila kendur pendinginan terhadap mesin akan terganggu. Tips bila akan berpergian jauh bawa juga cadangan untuk fan belt untuk jaga-jaga dijalan bila putus atau perlu ganti. Fan belt perlu dicek terus menerus karena ini merupakan “radiatornya” mobil vw.

Langkah kelima setelah kelistrikan rapi, aktifkan juga lampu-lampu indikator pada speedometer, termasuk lampu kontrol oli dan juga lampu charge aki. Jangan ambil resiko bila terjadi masalah dengan lampu-lampu indikator ini untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Untuk langkah-langkah pencegahan mesin vw kodok agar tidak terbakar silahkan baca kembali secara lengkap di tips mencegah mesin vw kodok terbakar di bengkel modifikasi mobil klasik antik Damar Autobody
Terima kasih sudah berkunjung di blog penggemar vw yang secara lengkap memberikan informasi mengenai mobil klasik buatan volkswagen ini.

Komentar Anda

tags: , ,